Staf Input :
yoo

Studi Kesiapsiagaan Bencana Pelaku Usaha Terhadap Potensi Letusan Gunung Guntur Di Kawasan Wisata Cipanas, Kabupaten Garut

Sub Judul
No Panggil TA/2020/2687 WIB
Jumlah Item Dipinjam Weeding Diperbaiki Tersedia
1 0 0 0 1
No Barcode Kembali User
No Barcode Lokasi
1 TUGAS AKHIR
No Barcode
No Barcode
Tipe Tugas Akhir
Koleksi JBPTITBSAPPK
Pengarang WIBOWO, Averina Isabella ;
Penerbit Prodi PWK SAPPK ITB
Tahun Terbit 2020
Kota Penerbit Bandung
Deskripsi Kawasan Cipanas merupakan kawasan wisata dengan daya tarik utama berupa pemandian air panas. Kawasan wisata ini berkembang di kaki Gunung Guntur yang dan berjarak 5km dari puncak gunung. Gunung Guntur dapat kembali aktif kapan saja dan dapat menghasilkan letusan besar yang berdampak bagi kawasan di sekitarnya. Kesiapsiagaan bencana menjadi penting untuk dapat meningkatkan kapasitas kawasan Cipanas dalam menghadapi potensi bencana. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi perkembangan yang terjadi di Kawasan Cipanas untuk mengkonfirmasi adanya kerentanan kawasan terhadap potensi letusan Gunung Guntur. Untuk menekan kerentanan yang muncul karena perkembangan wilayah, dibutuhkan peningkatan kapasitas kawasan, salah satunya melalui kesiapsiagaan pelaku usaha karena perkembangan wisata yang terjadi di Kawasan Cipanas. Perkembangan wilayah dan pariwisata di kawasan Cipanas dapat dibuktikan melalui perubahan tutupan lahan, bertambahnya jumlah hotel, dan tingginya jumlah wisatawan. Kesiapsiagaan pelaku usaha masih rendah karena rendahnya pengetahuan pelaku usaha akan potensi bencana yang dapat terjadi. Pelaku usaha juga tidak memiliki rencana darurat bencana dan akodomasi dasar yang dibutuhkan, serta kurang memahami cara melakukan evakuasi. Sedangkan, sistem peringatan dini telah berjalan dengan baik.
Subjek Djoko Santoso Abi Suroso, Ir.,MSc., Ph.D
Kata Kunci Potensi bencana letusan Gunung Guntur, Kawasan Wisata Cipanas, perkembangan wilayah, kerentanan dan kapasitas wilayah, kesiapsiagaan pelaku usaha.
Referensi Ya
Perolehan Wajib
Catatan xvii, 112 hlm.; 30 cm
Login